Bertemu Menag, World Bank Bahas Pengembangan SDM Unggul Madrasah

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Peningkatan kualitas sumber daya manusia tidak lepas dari peningkatan mutu pendidikan. Kesenjangan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk dalam penyelenggaraan madrasah perlu untuk segera diatasi. Hal ini yang mendorong World Bank menggagas program Realizing Education's Promise.  

Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada Kementerian Agama untuk melakukan peningkatan kualitas pendidikan di madrasah sehingga menghasilkan SDM unggul. Program yang bertajuk Madrasah Education Quality Reform (MEQR) ini akan dilaksanakan pada tahun 2020-2024. Keterangan ini disampaikan oleh Global Director for Education World Bank Jaime Saavedra, saat menemui Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. 

"Kami sangat senang dapat mensupport Kementerian ini. Di madrasah, kami melihat contoh pendidikan,bagaimana anak-anak tidak hanya diajarkan tentang pendidikan agama, tapi juga disiapkan untuk memiliki soft skill, dan sebagainya," tutur Jaime.

Melalui program ini, World Bank akan melakukan pendampingan guna meningkatkan mutu madrasah-madrasah di Indonesia, mulai dari penyusunan kebijakan hingga implementasi program. Hadir bersama Jaime, Program Leader for Human Development in Indonesia and Timor-Leste World Bank Camilla Holmemo, Senior Education Specialist, World Bank Noah Yarrow, dan Operation Manager Rolande Pryce. 

Jaime juga menyampaikan pihaknya terbuka untuk melakukan diskusi dan kolaborasi sehingga program yang dilaksanakan sejalan dengan visi misi pemerintah Indonesia. "Bersama dengan tim Kemenag, kita akan bicarakan, bagaimana program ini dapat mensupport kebutuhan peserta didik sekaligus kebutuhan negara,”imbuhnya. 

Tak hanya peserta didik, peningkatan mutu guru-guru madrasah juga akan menjadi perhatian dari program Realizing Education’s Promise ini. “Ini adalah kesempatan besar bagi kita untuk meningkatkan profesionalitas guru-guru madrasah. Karena itu merupakan salah satu faktor penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di madrasah,” ujar Jaime. 

Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi menyambut baik program yang akan dijalankan ini. “Kami sangat berterimakasih karena World Bank telah mensupport institusi kami, terutama madrasah,”ujar Menag. 

Menag berharap, program yang akan dilaksanakan dapat menjangkau seluruh madrasah. Bukan hanya peserta didik dan guru pada madrasah negeri, tapi juga madrasah-madrasah swasta yang ada. 

“Banyak permasalahan di madrasah, mulai dari perbaikan sistem pendidikan, kurikulum, hingga profesionalitas guru. Kami berharap dengan adanya program ini, kita bersama-sama dapat meningkatkan mutu seluruh madrasah,” imbuh Menag. 

Turut hadir mendampingi Menag, Staf Khusus Menag Munajat, Direktur KSKK Madrasah A. Umar, dan Kasubdit Kelembagaan Abdullah Faqih.(p/ab)